Jumat, 24 Agustus 2007

Wejangan dari dunia sepakbola

Manusia harus berambisi meraih nama yg abadi yang tidak akan mati. Lupakan yang silam, tatap ke depan. (Bobby Robson, one of England football legend).
Kekalahan (kita) hanyalah karena kesalahan (kita), bukan karena kehebatan lawan. Bola adalah cinta saya, jika bola dikaki saya maka saya akan menjadi kanak2 seperti dahulu (dijalanan Buenos Aires), disanalah saya memperoleh perasaan akan bola. Lebih baik tidak disayangi daripada miskin, lebih baik dijadikan sasaran iri daripada jadi obyek belas kasihan. Saya tidak perduli tetapi jangan sampai hubungan pribadi (kita) dirusaknya. (Diego Armando Maradona, one of Argentino, Cebolista, “BOMBONERA ARMY”, “NEAPOLITANO BLUE”, Barcelona, Sevilla football legend).
Orang harus puas merasakan kegembiraannya (Marco Van Basten, one of Netherland, Milan football legend).
Maju ke depan menembus pisau menganga memang sulit tetapi harus dilakukan (Rinus Mitchel, one of Netherland football legend, “founding father” Total Football).
Membela tanah air adalah kehormatan (Aldridge, one of Ireland and THE RED football legend).
Hatiku meledak dengan sukacita, harii ini hari yang takkan pernah ku lupa ketika pertiwi bangga karena kita (Pat Bonner,one of Ireland legend, goalkeaper Euro 88).
Tentu saya adalah manusia yang bisa merencana tetapi dipihak lain saya pun menerima kebijakan sebuah nasihat. Biarkan hal-hal diluar saya, datang dengan apa adanya. Saya tidak tergoda lagi untuk memutuskan semuanya dari semula. Saya percaya, ada saat dan situasi yang begini atau begitu akan memutuskan dan menyelesaikan dirinya sendiri. Apa yang kita butuhkan adalah segenggam nasib untung seperti halnya dalam hidup; demikian pula dalam bola, tanpa nasib untung orang sulit meraih piala tertinggi. Tidak tahu apa yang terjadi (dengannya) tetapi sejak saat ini respek saya terhadap dia turun menjadi nol. Saya seorang beriman pada saat macam ini saya hanya bisa berdoa kepada TUHAN. Doa saja tidak cukup, kita sendiri yang harus berusaha. Respek saya punya tetapi ketakutan tidak. Tidak ada yg bisa menunjukkan kemampuan lebih dari kemampuannya, (mereka) telah menunjukkan kemampuannya. (“Der Kaizer” “Hans” Frans Beckenbauer, one of Germany, BAYER MUENCHEN football legend, one of the greatest libero in the world).
HANYA ALLAH SWT YANG DAPAT MENOLONG !!! (Mahmoud El Gohary, Mesir coach on World Cup 90).
Sekarang saya tahu bahwa saya tidak tahu apa2. (Svetko Cahrinovic, Yugoslavia assistant coach on World Cup 90).
Saya percaya, saya masih akan diberi kesempatan lagi. (Pierre Littbarski, right midfielder/wings West Germany on Wold Cup 90).
Baru kali ini saya alami medan perang seganas dan sekejam ini. (Karl Heinz Schnellinger, defender West Germany and Milan 67).
Semuanya sudah salah dari awal. Jika membelai kulit bundar, pikiran melayang dan wanita2 cantik memenuhi ingatan. (Cesar Luis Menotti, one of Argentino futbol legend).
Alam yang menggembleng kami. (Benjamin Massinga, one of Cameroon football legend on World Cup 90).
Sedang berada dalam mimpi, maklumlah, jangan bangunkan dari mimpi. (Bora Milutinovic, x-Costa Rica coach, now(2007) Jamaica coach).
Akan menjadi suatu bencana jika kali ini gagal. (Sebastian Lazaroni, one of BRASIL futebol legend, x-SELECAO coach).
Kita mulai dari tiada ternyata kita malah menghasilkan sesuatu, kita memulai dari sesuatu, apakah ini malah bukan tanda bahwa kita akan kembali pada tiada?. (Jan Ceulemans, one of Belgium football legend on World Cup 90).
Saya memberikan kembali apa yang saya terima dari TUHAN. (Albert Roger Miller/Milla, one of Cameroon football legend on World Cup 90, si goyang pinggul di tiang bendera corner setelah cetak goal, dia pernah main di Liga Indonesia bersama Pelita Jaya sewaktu The Comandos home basnya masih di Estadio Sanggraha Pelita Jaya-Lebak Bulus-Jakarta Selatan).
Kita memang mempunyai persoalan hidup tapi dari segi semangat perjuangan, kita justru berada dalam keadaan prima, saya yakin. (Carlos Bilardo, one of Argentino futbol legend).
Longgarkan jari2mu (Uwe Seeler, one of Germany football legend).
Betapa tidak enak rasanya jika dalam keadaan resah, saya hanya berpikir untuk tidak kalah. (Lothar Matthaeus, one of Germany, Inter football legend, one of the greatest libero in the world).
Siapa tidak mencinta, dia akan jadi pemalas. (Helenio Herrera, x-Inter coach 60s. “Founding” of Catenaccio (the best calcio defend system on the world), “muridnya” adalah Nereo Rocco, Enzo Bearzot).
Naik ke tangga berikutnya dengan kepastian matematis. (Vicini, x-GLI AZURRY coach).
Berpikirlah dengan dingin. (Guissepe ”BP, ILL Zio/Sang Paman” Bergomi, one of GLI AZURRY n Inter calcio legend, one of numero uno defender on the world).
Jika orang sungguh yakin dan jika TUHAN menghendaki maka orang juga meraih apa yang di-cita2kan. Kami telah menghangatkan cinta orang2. (Gianluca Vialli, one of GLI AZURRY, Genoa “Prince”, LA VECHIA SIGNORA legend).
Bagai sebuah mimpi, semuanya itu terjadi. (Salvatore “ Toto” Schillaci, one of GLI AZURRY calcio legend).
Setiap orang pasti punya prioritas dalam hidup, begitu juga saya, Ini bukan perkara uang, Saya mungkin akan menderita, Saya akan kehilangan uang tapi itulah prioritas yangs saya buat. (Christiano Doni, Atalanta Bergamo 2007,GLI AZURRY attacante n attacking midfielder).
Kami pun percaya pada kemampuan diri sendiri. (Jesualdo Ferreira, FC.Porto 2007 coach).
Kami punya alas an untuk percaya diri (Paulo Bento, Sporting Lisboa 2007 coach).
Saat ini kami akan menggunakan pengalaman untuk memastikan kami tidak terjatuh dan bereaksi buruk. Yang penting kepercayaan diri kami sudah kembali ke posisi yang seharusnya. (Sir Alex “Fergie” Ferguson, United 2007 coach).
Saya selalu percaya, suatu ketika penawaran bagi saya akan datang, baik dari Europe maupun Sud America. Saya siap untuk tantangan berikut. (Juergen “Klinsi” Klinsmann, one of Germany football legend).
Selalu mendapat keutungan fantastic yang kerap membuat unggul. Tetapi kami juga menampilkan kualitas hebat, kekuatan mental dan kebersemaan yang bikin kami percaya diri untuk melawan. (Arsene Wenger, Arsenal 2007 coach).
Kalau diumpamakan sebagai perang sesungguhnya maka kami harus mengeluarkan peluru2 terbaik kami untuk menghancurkan “lawan” yang kokoh bagaikan sebuah tank. Kami akan berjuang untuk menang dengan permainan cantik demi hasil positif (Claudio Ranieri, JUVENTUS 2007 coach).
Kemenangan itu membuka kembali harapan kami untuk meraih sukses berikutnya. (Carlo Ancelotti, Milan 2007 coach).
Kami hanya ingin memberikan yang terbaik bagi bangsa. (Ponaryo Astaman, INDONESIA 2007 capten).
Tidak ada kata lain selain menang. (Subangkit, INDONESIA U-16 2007 coach).
Usaha untuk meraih kemenangan berhasil di menit terakhir. (Herry Kiswanto, one of INDONESIA football legend, Persmin 2007 coach).
Saya katakan kepada rekan satu tim bahwa kami harus terus berusaha hingga menit terakhir. Jika kita harus mati maka kita mati bersama. (William Gallas, Arsenal 2007 deffender).
Saya tidak tahu apakah keinginan itu bisa terwujud atau tidak. Kadang saya ingin meraih sesuatu yang tampaknya mustahil. Hanya Tuhan yang tahu apa yang terjadi dimasa mendatang. (Cristiano Ronaldo, Portugal & United 2007-08 winger).
Cukup sudah kesalahan itu. Harus segera berubah dan mengahirinya. (Gustavo Poyet, Assistant Manager Spurs 2008, x-Chelsea 90s, Uruguay/Paraguayan?)
Sumber :
Buku Bola-Bola Nasib,
Media massa seperti televisi, radio dan media cetak, internet.
Berbagai sumber lainnya yang saya lupa identitasnya karena satu dan lain hal, tanpa unsur kesengajaan.

Tidak ada komentar: